noviakl10jambi

Februari 16, 2012

KEBISINGAN

Filed under: Uncategorized — noviakl10jambi @ 8:36 am

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Bising dalam kesehatan kerja diartikan sebagai suara yang dapat menurunkan pendengaran baik secara kwantitatif (peningkatan ambang pendengaran) maupun secara kualitatif (penyempitan spectrum pendengaran). Kebisingan adalah bunyi atau suara yang tidak dikehendaki dan dapat mengganggu kesehatan, kenyamanan serta dapat menimbulkan ketulian.

Meskipun demikian, kesadaran akan bahaya kebisingan masih kurang dipahami baik oleh kalangan masyarakat umum maupun para pekerja khususnya. Tidak jarang ditemukan bahwa keluhan akibat terjadinya gangguan pendengaran hanya dikaitkan dengan semakin bertambahnya usia atau karena sebab lain dan bukan karena pekeerjaan dilingkungan bising.

Hamper semua aspek kehidupan modern menimbulkan bising : proses industri, konstruksi, keja kantor, aktivitas rumah, dan hobi. Produksi industry dan kontruksi di banyak Negara meningkat secara cepat dan hal ini menyebabkan peningkatan bising industri. Paparan terhadap tingkat bising yang ekstrim menyebabkan kerusakan pendengaran. Akhirnya timbul tuli hebat serta ekslusi dan isolasi dari lingkungan social.

Kebisingan di industri adalah semua bunyi yang tidak dikehendaki dan mengganggu bagi para pekerja di area industri. Kebisingan industri dapat disebabkan oleh mesin yang beroperasi, dan kendaraan yang berlalu di area tersebut. Pada kondisi normal bunyi bising bersifat mengganggu dan perlu dicari solusinya.

1.2  Tujuan

Adapun tujuan dari praktek ini adalah :

  • Agar dapat mengoperasikan Sound Level Meter dengan tepat dan benar
  • Untuk mengetahui tingkat paparan kebisingan ditempat kerja
  • Untuk mengetahui tingkat paparan kebisingan dilingkungan pemukiman warga masyarakat
  • Untuk dapat membandingkan paparan kebisingan dengan NAB dan baku mutu, sehingga dapat dilakukan tindakan pengendalian

1.3  Lokasi dan Waktu Pelaksanaan

  • Hari/tanggal         : Sabtu/23 Appril 2011
  • Waktu                    : 10.03 s/d 10.15 WIB
  • Nama Perusahaan            : PT. PD HOK TONG JAMBI
  • Lokasi                    : Kampung Sejenjang RT.07 Jambi

 

BAB II

ISI

2.1  TinjauanTeori

2.1.1        Kebisingan

Bunyi juga dapat diinterpretasi sebagai music, ceritera, lelucon, peringatan atau sinyal-sinyal lain. Bunyi seringkali dapat member kenikmatan, tetapi dapat pula mengganggu. Toleransi orang terhadap tingkat bunyi bervariasi. Bunyi yang melampaui tingkat toleran disebut bising (noise), tetapi hal ini tergantung pada karakteristik orang dan karakteristik suara. Maka bising dapat diartikan sebagai setiap suara yang mengganggu atau yang tidak diinginkan.

Pengertian kebisingan yang lain telah dikemukakan oleh beberapa ahli, antara lain :

  • Menurut Dennis, bising adalah suara yang timbul dari getaran-getaran yang tidak teratur.
  • Menurut Hirrs dan Ward, bising adalah suara yang kompleks yang hanya mempunyai sedikit ataupun tidak mempunyai periodic, bentuk gelombangnya tak dapat diikuti atau diproduksi lagi dalam waktu tertentu.
  • Menurut Spooner, bising adalah suara yang tidak mempunyai kualitas music.
  • Menurut Burn, Little and Wall, bising adalah suara yang tidak dikehendaki kehadirannya oleh yang mendengar dan mengganggu.

Taraf kebisngan juga telah diatur berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI No: KEP-51/MEN/1999. Dalam peraturan ini, kebisingan diartikan sebagai semua suara yang tidak dikehendaki, yang bersumber dari alat produksi atau alat kerja, yang pada tingkat tertentu dapat menimbulkan gangguan pendengaran. Jadi pada prinsipnya, bising atau kebisingan adalah suara yang mengganggu atau suara yang tidak dikehendaki oleh pendengarnya. Bising atau tidaknya suara tidak hanya ditentukan oleh keras-lemahnya suara itu, tetapi juga selera atau persepsi seseorang terhadap bunyi tersebut.

2.1.2        Jenis-Jenis Kebisingan

Jenis-jenis kebisingan berdasarkan sifat dan spektrum bunyi dapat dibagi sebagai berikut:

  • Bising yang kontinyu

Bising dimana fluktuasi dari intensitasnya tidak lebih dari 6 dB dan tidak putus-putus. Bising kontinyu dibagi menjadi 2 (dua) yaitu:

  1. Wide Spectrum adalah bising dengan spektrum frekuensi yang luas. bising ini relatif tetap dalam batas kurang dari 5 dB untuk periode 0.5 detik berturut-turut, seperti suara kipas angin, suara mesin tenun.
  2. Norrow Spectrum adalah bising ini juga relatif tetap, akan tetapi hanya mempunyai frekuensi tertentu saja (frekuensi 500, 1000, 4000) misalnya gergaji sirkuler, katup gas.
  • Bising terputus-putus

Bising jenis ini sering disebut juga intermittent noise, yaitu bising yang berlangsung secar tidak terus-menerus, melainkan ada periode relatif tenang, misalnya lalu lintas, kendaraan, kapal terbang, kereta api

  • Bising impulsif

Bising jenis ini memiliki perubahan intensitas suara melebihi 40 dB dalam waktu sangat cepat dan biasanya mengejutkan pendengarnya seperti suara tembakan suara ledakan mercon, meriam.

  • Bising impulsif berulang

Sama dengan bising impulsif, hanya bising ini terjadi berulang-ulang, misalnya mesin tempa.

Berdasarkan pengaruhnya pada manusia, bising dapat dibagi atas :

  • Bising yang mengganggu (Irritating noise).

Merupakan bising yang mempunyai intensitas tidak terlalu keras, misalnya mendengkur.

  • Bising yang menutupi (Masking noise)

Merupakan bunyi yang menutupi pendengaran yang jelas, secara tidak langsung bunyi ini akan membahayakan kesehatan dan keselamatan tenaga kerja , karena teriakan atau isyarat tanda bahaya tenggelam dalam bising dari sumber lain.

  • Bising yang merusak (damaging/injurious noise)

Merupakan bunyi yang intensitasnya melampui Nilai Ambang Batas. Bunyi jenis ini akan merusak atau menurunkan fungsi pendengaran.

2.1.3        Penyebab Kebisingan

Berdasarkan sumbernya, kebisingan disebabkan dari beberapa factor berikut :

  • Bising yang ditimbulkan oleh industri
  • Bising dari hasil kemajuan transportasi ; jalan lalu lintas, lalu lintas udara
  • Bising akibat elektrifikasi pada pemukiman
  • Mekanisme  lain yang menimbulkan bising ; penambangan, penggalian, dan lain-lain
  • Sumber bising lainnya (miscellaneous source) ; lapangan olahraga, konser music, daerah wisata, mesin pemotong rumput, dan lain-lain.

Karena kebisingan bersifat sangat subyektif, artinya suara yang dikehendaki seseorang mungkin tidak disenangi orang lain, maka keadaan merasa bisingnya seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain :

  • Pengalaman masa lalu, termasuk juga kebiasaan-kebiasaannya
  • Derajat kesehatan
  • Kesenangan
  • Pekerjaan
  • Aktivitas, tidur, rekreasi
  • Umur dan sebagainya.

2.1.4        Dampak Kebisingan

Bising menyebabkan berbagai ganguan terhadap tenaga kerja, seperti ganguan fisiologis, ganguan psikologis, ganguan komusikasi dan ketulian.atau ada yang menggolongkan gangguannya berupa auditory, misalnya gangguan terhadap pendengaran dan gangguan non auditory seperti komunikasi terganggu, ancaman bahanya keselamatan menurunkan performenc kerja, kelelahan dan stress,lebih rinci dampak bising terhadap kesehatan kerja adalah sebagai berikut :

  1. Gangguan fisiologis

Ganguan dapat beruapa peningkatan tekanana darah, penignkatan nadi basal metabolisme, kontruksi pembuluh darah kecil trutama pada bagin kaki,dapat menyebebkan pucat dan gangguan sensoris,

  1. Ganguan psikologis

Gangguan psikologis dapat berupa rasa tidak nyaman, kurang konsentarasi, susah tidur , emosi dan lain-lain.pemaparan jangka waktu lama dapat menyebabkan penyakit,psikosomatik seperti gastritis, penyakit jantung koroner dan lain lain.

  1. Ganguan komunikasi

Ganguan komunikasi ini menyebabkan terganguannya pekerjaan, bahkan mungkin terjadi kesalahan, terutama bagi pekerja baru yang belum berpengalaman, gangguan komunikasi ini secara tidak langsung akan mengakibatkan bahaya terhadap keselamatan dan kesehatan tenaga kerja, karena tidak mendengar teriakan atau isarat tanda bahaya dan tentu akan menurunkan mutu pekerja dan produktivitas kerja,

  1. Ganguan keseimbangan

Ganguan keseimbangan ini mengakibatkan gangguan fisiologis seperti kepala pusing, mual dan lain- lain.

  1. Gangguan terhadap pendengaran ( ketulian )

Diantara sekian banyak gangguan yang di timbulkan oleh bising, gangguan terhadap pendengaran adalah yang paling serius karena dapat menyebabkan hilangnya pendengaran atau ketulian, ketulian ini dapat bersifat progresif pada awalnya bersifat sementara tapi bila pekerja terus menerus di tempat bising tersebut maka daya dengar akan menghilang secara tetap atau tuli.

Tipe

Uraian

Akibat lahiriah

Kehilangan pendengaran Perubahan ambang batas sementara akibat Kebisingan, perubahan ambang batas permanen akibat Kebisingan
Akibat fisiologis Rasa tidak nyaman atau stress meningkat, tekanan darah meningkat, sakit kepala, bunyi dering

Akibat psikologis

Gangguan emosional Kejengkelan, kebingungan
Gangguan
gaya hidup
Gangguan tidur atau istirahat, hilang konsentrasi waktu bekerja, membaca dan sebagainya.
Gangguan pendengaran Merintangi kemampuan mendengarkan TV, radio, percakapan, telpon dan sebagainya.

2.1.5        Nilai Ambang Batas

Menurut Kepmennaker No : KEP-51/MEN/1999, Thereshold Limited Value (Nilai Ambang Batas, NAB) adalah standar faktor-faktor lingkungan kerja  yang dianjurkan ditempat kerja, agar tenaga kerja masih dapat menerimanya tanpa mengakibatkan penyakit atau gangguan kesehatan, dalam pekerjaan sehari-hari untuk waktu tidak melebihi 8 jam sehari atau 40 jam seminggu.

Jadi, fungsi NAB antara lain :

  • Sebagai kadar untuk perbandingan
  • Sebagai pedoman untuk perencanaan proses produksi dan perencanaan teknologi pengendalian bahaya lingkungan kerja
  • Untuk menentukan substitusi bahan proses produksi terhadap bahan yang lebih beracun dengan bahan yang kurang beracun
  • Untuk membantu menentukan diagnose gangguan kesehatan, timbulnya penyakit dan hambatan efisiensi kerja akibat faktor fisik dan kimia dnegan bantuan pemeriksaan biologis

 

Nilai Ambang Batas Kebisingan Kepmennaker No :

KEP-51/MEN/1999

No

Waktu Pemajanan

Intensitas Kebisingan (dBA)

1

8 jam

85

2

4 jam

88

3

2 jam

91

4

1 jam

94

5

30 menit

97

6

15 menit

100

7

7.5 menit

103

8

3.75 menit

106

9

1.88 menit

109

10

0.94 menit

112

11

28.12 detik

115

12

14.06 detik

118

13

7.03 detik

121

14

3.52 detik

124

15

1.76 detik

127

16

0.88 detik

130

17

0.44 detik

133

18

0.22 detik

136

19

0.11 detik

139

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1.6        Baku Tingkat Kebisingan

Sesuai dengan Keputusan Menteri Kependudukan dan Lingkungan Hidup No : KEP-48/MENLH/II/1996, Baku Tingkat Kebisingan adalah standar faktor yang dapat diterima disuatu lingkungan atau kawasan kegiatan manusia.

Tabel : Baku Tingkat Kebisingan KEP-48/MENLH/II/1996

Peruntukan Kawasan/Lingkungan Kegiatan

Intensitas kebisingan (dBA)

Peruntukan 

1. Perumahan dan Pemukiman

55

2. perdagangan dan Jasa

70

3. Perkantoran dan Perdagangan

65

4. Ruang Terbuka Hijau

50

5. Industri

70

6. Pemerintahan dan Fasilitas Umum

60

7. Rekreasi

70

8. Khusus

     a. Bandar Udara*

     b. Stasiun Kereta Api*

     c. Pelabuhan Laut

70

     d. Cagar Budaya

60

Lingkungan Hidup

1. Rumah Sakit atau sejenisnya

55

2. Sekolah atau Sejenisnya

55

3. Tempat Ibadah atau Sejenisnya

55

*disesuaikan dengan ketentuan Menteri Perhubungan

2.1.7        Pengendalian Kebisingan

Banyak penderitaan terjadi disebabkan oleh kondisi dan lingkungan kerja yang berbahaya dimana pekerjaan dilakukan oleh pekerja. Salah satu kondisi fisik dan lingkungan kerja yang membahayakan adalah kebisingan.

Daya dengar yang baik adalah sangat penting manfaatnya karena dalam kehidupan sehari-hari kita sangat tergantung pada kemampuan pendengaran. Misalnya untuk sosialisasi, untuk belajar, untuk berkomunikasi dll.

Di tempat kerja tertentu kadang-kadang bising tidak dapat dihindari atau dikurangi. tidak semua suara bising, hanya suara yang tidak enak didengar saja yang disebut bising. Pada dasarnya pengendalian kebisingan dapat di lakukan terhadap sumbernya dengan cara :

  • Desain akustik, dengan megurangi vibrasi mengubah struktur dan lainnya,
  • Substitusi alat
  • Mengubah proses kerja

Terhadap perjalanannya dengan cara :

  • Jarak di perjauh
  • Akustik ruangan
  • Enclosure

Terhadap penerimaannya dengan cara :

  • Alat pelindung telinga
  • Administrasi dengan rotasi mengubah schedule kerja

Selain di atas dapat juga di lakukan dengan melakukan Pengendalian secara teknis ( enggenering control ) dengan cara :

  • Pemilihan equipment / proses yang sedikit menimbulkan bising
  • Dengan melakukan perawatan / maintenance
  • Melakukan pemasangan penyerap bunyi
  • Mengisolasi dengan melakukan peredaman ( material akustik )
  • Menghindari kebisingan

Pengendalian secara administrative :

  • Melakukan shif kerja
  • Mengurangi waktu kerja
  • Melakukan tranning

Langkah terakhir dalam menangani kebisingan adalah dengan menggunakan alat pelindung pendengaran ( earplug, earmuff, dan helmet ), pengendalian kebisingan dapat di lakukan juga secara medis yaitu dengan cara pemeriksaan kesehatan secara teratur.

2.2  Metode Pengukuran

2.2.1        Peralatan

Pada pengukuran ini digunakan alat Sound Level Meter. Sebelum digunakan, alat ini dikalibrasi terlebih dahulu. Cara mengoperasikannya sebagai berikut :

  • Tekan tombol ON/OFF untuk menghidupkan alat.
  • Pastikan bahwa alat benar-benar berfungsi dengan baik.
  • Kemudian arahkan SLM ketempat yang akan diukur kebisingannya.
  • Selanjutnya catatlah nilai yang tertera pada alat SLM setiap 5 detik.
  • Lakukan perhitungan nilai minimum dan maximum pada kolom ke 11 dan 12 pada baris 2,4,6,8,10 dengan cara menekan tombol MAX/MIN pada alat SLM tersebut.
  • Lakukan hal yang sama selama 10 menit sebanyak 7 kali.

2.3  Hasil Penelitian

Dari pengukuran di lokasi PT.PD Hoktong Jambi, diperoleh data sebagai berikut :

L1

 

TGL

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

JML

RATA-RATA

1

61.2

61.5

62.7

73.1

65.8

66.3

69.2

59.3

59.8

77.7

66.3

65.9

788.8

65.7

2

62.9

62.5

64.7

95.2

73

60.9

71.1

63

65.9

66.2

59.8

106

850.8

70.9

3

73.4

74.2

63.2

63.4

59.7

61.7

65.5

67.9

63.4

63.5

65.3

62.5

783.7

65.3

4

61.4

60.5

62

59.6

63

63.6

69.1

64.8

61.8

66.6

58.5

90.8

781.7

65.1

5

59.2

60.2

60.4

62.9

65

74.8

74.8

71.4

75

69

71.9

70.3

814.9

67.9

6

65.8

64.4

62.3

60.6

59.6

61.3

65.9

60.1

66.9

61.2

58.3

91.2

777.6

64.8

7

68.2

58.1

63

59.2

59.9

62.5

59.6

62.7

64.1

59.3

61.5

59.6

737.7

61.5

8

61.6

62.3

67.4

66.8

72

58

72.5

68

63.1

70.2

56.7

93

811.6

67.6

9

78.4

62

59.7

59.2

60

59.8

59.6

61.3

67.3

71.4

70.9

64.3

773.9

64.5

10

60

64.1

65.3

69.8

63.1

61.4

60.8

62.3

66.8

71.8

58.6

90

794.0

66.2

JUMLAH

292

471

7914.7

659.6

RATA-RATA

58.4

94.1

1439.0

66.0

 

 

L2

 


TGL

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

JML

RATA-RATA

1

77.7

71.9

62.2

58.1

73.7

62.4

78.7

84.9

56.6

71.1

58.8

58.7

814.8

67.9

2

63.9

70.2

60.2

72

71.1

71

59.7

59.5

62.1

65.1

56.1

92.5

803.4

67.0

3

62.4

63.7

70.9

71.9

71.1

73.6

74.8

66.9

73.2

61.6

78.5

68

836.6

69.7

4

63.5

60.1

58.7

82.7

62.1

60.1

60.6

59

62

63.1

57.4

92.7

782.0

65.2

5

65.7

62

61.5

66

59.3

79.7

68.6

76.4

72

64.6

77.2

70.1

823.1

68.6

6

60

61

73

74.4

86

75.3

65.3

67.5

63

60.6

58.9

91.4

836.4

69.7

7

76.6

62.4

72.1

81.9

80.8

65.8

67.4

59.7

69.7

74.3

69.8

67.8

848.3

70.7

8

62

75

61.4

67.4

72.3

66

61.3

67.3

81.2

66.5

57.2

105

842.6

70.2

9

89.8

59.1

59.2

59.1

61

59.3

61.5

71.2

76.9

76.3

69.6

67

810.0

67.5

10

66.2

59.5

62

62.9

69.9

69.2

62.7

58.7

59.8

63

58.2

89.4

781.5

65.1

JUMLAH

288

471

8178.7

681.6

RATA-RATA

57.6

94.2

1487.0

68.2

 

 

L3

 

TGL

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

JML

RATA-RATA

1

64.1

66.6

77.8

71.3

73.2

68

61.7

62.3

68.9

66.9

66.5

70

817.3

68.1

2

77.6

75.2

74.3

68.7

61.2

79.6

70.6

59.3

59.3

63.6

57.8

91.1

838.3

69.9

3

61.4

62.2

58.9

57.4

58.2

57.3

57.2

57.8

60.7

60.1

59.4

61.4

712.0

59.3

4

62

58.6

59.4

66.1

68.9

71.7

64.9

62.7

68.8

60.2

56.1

91.2

790.6

65.9

5

67.4

70.4

60.8

61

58.3

60.7

68.8

66.5

60.5

61.3

69.4

68.5

773.6

64.5

6

75.2

60.8

60.9

65.6

71.5

69.9

80.1

65.2

62.1

65.5

59.2

88.4

824.4

68.7

7

78.6

70.1

70.4

74.1

81.9

80.8

62.9

65.3

60.2

62.2

60.5

62.3

829.3

69.1

8

61.2

62.3

73.2

69.2

72.2

81.2

60.3

58.9

80.1

74.8

58

92.5

843.9

70.3

9

66.7

65.4

61.3

75.2

61.4

72

75.9

63.1

63

75.5

69.5

66.7

815.7

68.0

10

67.3

66.6

61.8

62.4

61.5

60.9

59.9

62.7

67.6

74.3

56.4

93.4

794.8

66.2

JUMLAH

288

457

8039.9

670.0

RATA-RATA

57.5

91.3

804.0

67.0

 

 

L4

 

TGL

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

JML

RATA-RATA

1

59.3

65.9

69.5

67.9

74.4

63.2

58.6

61.5

69.5

63.3

70.7

79

802.8

66.9

2

63

62

61.3

66.2

72.7

72.3

71.1

79.4

65.6

66.5

58

87.3

825.4

68.8

3

71.5

74.1

74.7

67

75.2

73.3

62.5

65.6

72.6

79.2

71.1

72.5

859.3

71.6

4

80.1

58.7

60.1

58.2

60.4

64.3

70

68.7

62.1

60.3

56.8

90.4

790.1

65.8

5

57

60.2

58.8

61.1

71.7

64.5

61.1

59.6

69.2

59.2

71.2

61.3

754.9

62.9

6

59.5

61

67.9

70

72.5

64.3

73.9

75.1

65.7

70.3

56.1

86

822.3

68.5

7

75.2

51.6

71.9

68.7

60.9

68.4

57.8

57.1

66

61

70.4

63.7

772.7

64.4

8

57.6

55.8

55.1

55.5

56.3

63.3

67

63.7

61.7

71.3

54.3

83.7

745.3

62.1

9

56

64.4

54.8

55.6

56.8

61.9

62.4

67.2

70.2

74.2

65.9

65

754.4

62.9

10

65.2

76.5

79.3

62

80.8

74.2

76.7

69

62.6

57.3

54.7

88.1

846.4

70.5

JUMLAH

280

436

7973.6

664.5

RATA-RATA

56

87.1

797.4

66.4

 

 

L5

 

TGL

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

JML

RATA-RATA

1

63.2

67.4

71.7

61.8

65.5

73.8

74.9

62.4

69.8

66.8

66.5

71.3

815.1

67.9

2

76.8

78.2

76.8

68.2

62.3

57.3

67.2

70.1

66.5

63.3

59.9

80.8

827.4

68.9

3

60.8

64.3

61.2

64.6

67.4

72.8

67.8

69.5

66.4

64.2

63.7

62

784.7

65.4

4

61

67.1

78.8

62.6

61.7

75.5

70.7

61.6

81.4

64.2

57.8

99.9

842.3

70.2

5

74.7

63.5

66.8

59

63.2

67.7

64.7

60.5

63.2

57.4

81

73.6

795.3

66.3

6

80.1

69.9

61.5

62.8

62.1

71.2

80.6

71.5

66.7

75.5

58.4

102

862.6

71.9

7

75.5

77.9

72.8

74.7

60

58.9

66.5

63.9

68.2

63.8

69.9

60.4

812.5

67.7

8

61

71.1

61

66.5

62.3

64.6

60.4

57.3

74.1

60.3

56.4

102

796.8

66.4

9

62.3

63

63.7

69.6

72.3

65.8

64.6

76.1

69

65.5

64.8

68.4

805.1

67.1

10

58.7

73.5

72.5

69.5

66.2

63.1

62

65.3

66

66.6

55.2

93.4

812.0

67.7

JUMLAH

288

478

8153.7

679.5

RATA-RATA

57.5

95.6

815.4

67.9

 

 

L6

 

TGL

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

JML

RATA-RATA

1

62.2

61.5

63.7

72.1

66.8

66.3

68.3

58.3

58.4

78.7

67.7

66.9

790.9

65.9

2

63.9

63.5

65.7

97.2

74

61.9

72.1

64

66.9

67.2

59.9

106

862.0

71.8

3

74.4

75.2

64.2

64.3

60.7

62.7

66.1

68.3

64.4

64.5

66.3

63.5

794.6

66.2

4

62.4

61.5

63

60.6

65

64.6

70.1

65.8

62.8

67.6

59.5

92.8

795.7

66.3

5

60.2

60.2

61.4

63.4

65

71.8

73.8

74.4

70

65

71.9

70.3

807.4

67.3

6

66.8

65.4

63.3

61.6

60.6

64.3

70.9

61.1

67.9

61.2

58.3

92.6

794.0

66.2

7

68.2

58.1

64

70.1

70.1

63.1

70.6

63.7

66.1

60.1

65.5

59.6

779.2

64.9

8

63.6

64.3

68.4

66.8

78

59

73.5

78

67.1

71.2

56.7

92.1

838.7

69.9

9

79.4

65

59.7

59.8

65

59.9

59.6

65.7

78.1

70.9

71.1

65.3

799.5

66.6

10

61.1

65.1

65.1

70.8

64.1

65.5

70.8

71.3

65.1

71.8

58.6

70.1

799.4

66.6

JUMLAH

293

453

8061.4

671.8

RATA-RATA

58.6

90.7

806.1

67.2

 

L7

 

TGL

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

JML

RATA-RATA

1

65.9

61.5

61.3

70.5

63.8

59.5

61.9

68.7

76.8

71.2

72.5

72.1

805.7

67.1

2

64.3

69.2

63.1

79.5

69.8

67.7

61.1

69.5

66.4

60.7

54.6

78.8

804.7

67.1

3

62.9

74.2

61.5

77.5

72.1

66

62.5

66.2

66.5

72.3

69.6

68.2

819.5

68.3

4

61.2

76.2

70.9

76.8

76.3

69.8

60.9

70

64.4

62.2

53.4

73.2

815.3

67.9

5

68.5

65.4

69.3

71.2

75.4

64.2

61.3

60.3

69.8

68.6

56.5

62.4

792.9

66.1

6

61.9

62.3

71.4

72.3

72

71.5

70.5

60.6

61.7

56.1

54

75.9

790.2

65.9

7

64.7

66.4

72.6

74.2

72.4

69.8

63.5

74.1

67.8

68.5

54.6

66.9

815.5

68.0

8

60.8

74.2

77.4

72

75.3

72.6

61.7

65.3

66

63.1

53.2

752

1493.6

124.5

9

63.7

76.9

69.1

70.9

76.2

68.7

68.3

76.7

69.4

68.2

69.5

72.5

850.1

70.8

10

64.6

70.3

72.4

70.1

70.6

73.2

69.4

63.1

67.2

63.6

53.7

79.7

817.9

68.2

JUMLAH

269

1060

8805.4

733.8

RATA-RATA

53.8

212

880.5

73.4

 

 

PENGUKURAN TINGKAT KEBISINGAN

LOKASI

: PT. PD HOK TONG JAMBI

 

WP1

WP2

WP3

WP4

L1

L2

L3

L4

Hasil

Satuan

Ls

3

3

5

5

66.0

68.2

67.0

66.4

66.91

dB (A)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

WP5

WP6

WP7

 

L5

L6

L7

 

 

 

Lm

2

3

3

 

67.9

67.2

73.4

 

70.67

dB (A)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

WLs

WLm

 

 

 

 

 

 

 

 

Lsm

16

8

 

 

 

 

 

 

68.55

dB (A)

 

 

 

Berdasarkan data tersebut diperoleh bahwa intensitas kebisingan di daerah PT. PD HOK TONG JAMBI sebesar 68,5 dB dengan Ls sebesar 66,91 dB dan Lm sebesar 70,67 dB. Dengan demikian intensitas kebisingan di daerah tersebut masih terbilang stabil/normal sehingga tidak terlalu membahayakan bagi pekerja maupun warga disekitar pabrik tersebut.

 

 

 

 

 

 

BAB III

 

PENUTUP

 

3.1  Kesimpulan

 

Pengukuran kebisingan di tempat kerja maupun di kawasan kegiatan manusia sangat berguna untuk mengetahui tingkat risiko paparan kebisingan bagi para pekerja dan penduduk di sekitar kawasan tersebut.

 

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di PT.PD HOK TONG JAMBI Kampung Sejenjang RT.07 jambi diperoleh intensitas kebisingan sebesar  sebesar 68,5 dB dengan Ls sebesar 66,91 dB dan Lm sebesar 70,67 dB.

 

Menurut Keputusan Menteri Kependudukan dan Lingkungan Hidup No : KEP-48/MENLH/II/1996 bahwa intensitas kebisingan pada Industri sebesar 70 dB. Dengan demikian daerah tersebut masih tergolong stabil/normal sehingga tidak terlalu membahayakan.

 

 

 

3.2  Saran

 

Dari kesimpulan yang didapat bahwa menurut Keputusan Menteri Kependudukan dan Lingkungan Hidup No : KEP-48/MENLH/II/1996 intensitas kebisingan di PT.PD HOK TONG JAMBI Kampung Sejenjang RT.07 jambi yang masih dibawah standar harus tetap dijaga intensitas kebisingannya supaya tidak melewati batas ketentuan yang telah ditetapkan agar pekerja maupun warga yang ada disekitar tempat tersebut tidak mengalami gangguan kebisingan serta tetap merasa kenyamanan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

L1
TGL 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 JML RATA-RATA
1 61.2 61.5 62.7 73.1 65.8 66.3 69.2 59.3 59.8 77.7 66.3 65.9 788.8 65.7
2 62.9 62.5 64.7 95.2 73 60.9 71.1 63 65.9 66.2 59.8 106 850.8 70.9
3 73.4 74.2 63.2 63.4 59.7 61.7 65.5 67.9 63.4 63.5 65.3 62.5 783.7 65.3
4 61.4 60.5 62 59.6 63 63.6 69.1 64.8 61.8 66.6 58.5 90.8 781.7 65.1
5 59.2 60.2 60.4 62.9 65 74.8 74.8 71.4 75 69 71.9 70.3 814.9 67.9
6 65.8 64.4 62.3 60.6 59.6 61.3 65.9 60.1 66.9 61.2 58.3 91.2 777.6 64.8
7 68.2 58.1 63 59.2 59.9 62.5 59.6 62.7 64.1 59.3 61.5 59.6 737.7 61.5
8 61.6 62.3 67.4 66.8 72 58 72.5 68 63.1 70.2 56.7 93 811.6 67.6
9 78.4 62 59.7 59.2 60 59.8 59.6 61.3 67.3 71.4 70.9 64.3 773.9 64.5
10 60 64.1 65.3 69.8 63.1 61.4 60.8 62.3 66.8 71.8 58.6 90 794.0 66.2
JUMLAH 292 471 7914.7 659.6
RATA-RATA 58.4 94.1 1439.0 66.0
L2
TGL 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 JML RATA-RATA
1 77.7 71.9 62.2 58.1 73.7 62.4 78.7 84.9 56.6 71.1 58.8 58.7 814.8 67.9
2 63.9 70.2 60.2 72 71.1 71 59.7 59.5 62.1 65.1 56.1 92.5 803.4 67.0
3 62.4 63.7 70.9 71.9 71.1 73.6 74.8 66.9 73.2 61.6 78.5 68 836.6 69.7
4 63.5 60.1 58.7 82.7 62.1 60.1 60.6 59 62 63.1 57.4 92.7 782.0 65.2
5 65.7 62 61.5 66 59.3 79.7 68.6 76.4 72 64.6 77.2 70.1 823.1 68.6
6 60 61 73 74.4 86 75.3 65.3 67.5 63 60.6 58.9 91.4 836.4 69.7
7 76.6 62.4 72.1 81.9 80.8 65.8 67.4 59.7 69.7 74.3 69.8 67.8 848.3 70.7
8 62 75 61.4 67.4 72.3 66 61.3 67.3 81.2 66.5 57.2 105 842.6 70.2
9 89.8 59.1 59.2 59.1 61 59.3 61.5 71.2 76.9 76.3 69.6 67 810.0 67.5
10 66.2 59.5 62 62.9 69.9 69.2 62.7 58.7 59.8 63 58.2 89.4 781.5 65.1
JUMLAH 288 471 8178.7 681.6
RATA-RATA 57.6 94.2 1487.0 68.2
L3
TGL 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 JML RATA-RATA
1 64.1 66.6 77.8 71.3 73.2 68 61.7 62.3 68.9 66.9 66.5 70 817.3 68.1
2 77.6 75.2 74.3 68.7 61.2 79.6 70.6 59.3 59.3 63.6 57.8 91.1 838.3 69.9
3 61.4 62.2 58.9 57.4 58.2 57.3 57.2 57.8 60.7 60.1 59.4 61.4 712.0 59.3
4 62 58.6 59.4 66.1 68.9 71.7 64.9 62.7 68.8 60.2 56.1 91.2 790.6 65.9
5 67.4 70.4 60.8 61 58.3 60.7 68.8 66.5 60.5 61.3 69.4 68.5 773.6 64.5
6 75.2 60.8 60.9 65.6 71.5 69.9 80.1 65.2 62.1 65.5 59.2 88.4 824.4 68.7
7 78.6 70.1 70.4 74.1 81.9 80.8 62.9 65.3 60.2 62.2 60.5 62.3 829.3 69.1
8 61.2 62.3 73.2 69.2 72.2 81.2 60.3 58.9 80.1 74.8 58 92.5 843.9 70.3
9 66.7 65.4 61.3 75.2 61.4 72 75.9 63.1 63 75.5 69.5 66.7 815.7 68.0
10 67.3 66.6 61.8 62.4 61.5 60.9 59.9 62.7 67.6 74.3 56.4 93.4 794.8 66.2
JUMLAH 288 457 8039.9 670.0
RATA-RATA 57.5 91.3 804.0 67.0
L4
TGL 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 JML RATA-RATA
1 59.3 65.9 69.5 67.9 74.4 63.2 58.6 61.5 69.5 63.3 70.7 79 802.8 66.9
2 63 62 61.3 66.2 72.7 72.3 71.1 79.4 65.6 66.5 58 87.3 825.4 68.8
3 71.5 74.1 74.7 67 75.2 73.3 62.5 65.6 72.6 79.2 71.1 72.5 859.3 71.6
4 80.1 58.7 60.1 58.2 60.4 64.3 70 68.7 62.1 60.3 56.8 90.4 790.1 65.8
5 57 60.2 58.8 61.1 71.7 64.5 61.1 59.6 69.2 59.2 71.2 61.3 754.9 62.9
6 59.5 61 67.9 70 72.5 64.3 73.9 75.1 65.7 70.3 56.1 86 822.3 68.5
7 75.2 51.6 71.9 68.7 60.9 68.4 57.8 57.1 66 61 70.4 63.7 772.7 64.4
8 57.6 55.8 55.1 55.5 56.3 63.3 67 63.7 61.7 71.3 54.3 83.7 745.3 62.1
9 56 64.4 54.8 55.6 56.8 61.9 62.4 67.2 70.2 74.2 65.9 65 754.4 62.9
10 65.2 76.5 79.3 62 80.8 74.2 76.7 69 62.6 57.3 54.7 88.1 846.4 70.5
JUMLAH 280 436 7973.6 664.5
RATA-RATA 56 87.1 797.4 66.4
L5
TGL 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 JML RATA-RATA
1 63.2 67.4 71.7 61.8 65.5 73.8 74.9 62.4 69.8 66.8 66.5 71.3 815.1 67.9
2 76.8 78.2 76.8 68.2 62.3 57.3 67.2 70.1 66.5 63.3 59.9 80.8 827.4 68.9
3 60.8 64.3 61.2 64.6 67.4 72.8 67.8 69.5 66.4 64.2 63.7 62 784.7 65.4
4 61 67.1 78.8 62.6 61.7 75.5 70.7 61.6 81.4 64.2 57.8 99.9 842.3 70.2
5 74.7 63.5 66.8 59 63.2 67.7 64.7 60.5 63.2 57.4 81 73.6 795.3 66.3
6 80.1 69.9 61.5 62.8 62.1 71.2 80.6 71.5 66.7 75.5 58.4 102 862.6 71.9
7 75.5 77.9 72.8 74.7 60 58.9 66.5 63.9 68.2 63.8 69.9 60.4 812.5 67.7
8 61 71.1 61 66.5 62.3 64.6 60.4 57.3 74.1 60.3 56.4 102 796.8 66.4
9 62.3 63 63.7 69.6 72.3 65.8 64.6 76.1 69 65.5 64.8 68.4 805.1 67.1
10 58.7 73.5 72.5 69.5 66.2 63.1 62 65.3 66 66.6 55.2 93.4 812.0 67.7
JUMLAH 288 478 8153.7 679.5
RATA-RATA 57.5 95.6 815.4 67.9
L6
TGL 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 JML RATA-RATA
1 62.2 61.5 63.7 72.1 66.8 66.3 68.3 58.3 58.4 78.7 67.7 66.9 790.9 65.9
2 63.9 63.5 65.7 97.2 74 61.9 72.1 64 66.9 67.2 59.9 106 862.0 71.8
3 74.4 75.2 64.2 64.3 60.7 62.7 66.1 68.3 64.4 64.5 66.3 63.5 794.6 66.2
4 62.4 61.5 63 60.6 65 64.6 70.1 65.8 62.8 67.6 59.5 92.8 795.7 66.3
5 60.2 60.2 61.4 63.4 65 71.8 73.8 74.4 70 65 71.9 70.3 807.4 67.3
6 66.8 65.4 63.3 61.6 60.6 64.3 70.9 61.1 67.9 61.2 58.3 92.6 794.0 66.2
7 68.2 58.1 64 70.1 70.1 63.1 70.6 63.7 66.1 60.1 65.5 59.6 779.2 64.9
8 63.6 64.3 68.4 66.8 78 59 73.5 78 67.1 71.2 56.7 92.1 838.7 69.9
9 79.4 65 59.7 59.8 65 59.9 59.6 65.7 78.1 70.9 71.1 65.3 799.5 66.6
10 61.1 65.1 65.1 70.8 64.1 65.5 70.8 71.3 65.1 71.8 58.6 70.1 799.4 66.6
JUMLAH 293 453 8061.4 671.8
RATA-RATA 58.6 90.7 806.1 67.2
L7
TGL 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 JML RATA-RATA
1 65.9 61.5 61.3 70.5 63.8 59.5 61.9 68.7 76.8 71.2 72.5 72.1 805.7 67.1
2 64.3 69.2 63.1 79.5 69.8 67.7 61.1 69.5 66.4 60.7 54.6 78.8 804.7 67.1
3 62.9 74.2 61.5 77.5 72.1 66 62.5 66.2 66.5 72.3 69.6 68.2 819.5 68.3
4 61.2 76.2 70.9 76.8 76.3 69.8 60.9 70 64.4 62.2 53.4 73.2 815.3 67.9
5 68.5 65.4 69.3 71.2 75.4 64.2 61.3 60.3 69.8 68.6 56.5 62.4 792.9 66.1
6 61.9 62.3 71.4 72.3 72 71.5 70.5 60.6 61.7 56.1 54 75.9 790.2 65.9
7 64.7 66.4 72.6 74.2 72.4 69.8 63.5 74.1 67.8 68.5 54.6 66.9 815.5 68.0
8 60.8 74.2 77.4 72 75.3 72.6 61.7 65.3 66 63.1 53.2 752 1493.6 124.5
9 63.7 76.9 69.1 70.9 76.2 68.7 68.3 76.7 69.4 68.2 69.5 72.5 850.1 70.8
10 64.6 70.3 72.4 70.1 70.6 73.2 69.4 63.1 67.2 63.6 53.7 79.7 817.9 68.2
JUMLAH 269 1060 8805.4 733.8
RATA-RATA 53.8 212 880.5 73.4
PENGUKURAN TINGKAT KEBISINGAN
LOKASI : PT. PD HOK TONG JAMBI
WP1 WP2 WP3 WP4 L1 L2 L3 L4 Hasil Satuan
Ls 3 3 5 5 66.0 68.2 67.0 66.4 66.91 dB (A)
WP5 WP6 WP7 L5 L6 L7
Lm 2 3 3 67.9 67.2 73.4 70.67 dB (A)
WLs WLm
Lsm 16 8 68.55 dB (A)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: